Cara Membuat Blog

Assalamu'alaikum Wr Wb

Selamat malam PraCre Lovers, semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat walafiat, amin. Kali ini saya akan menshare bagaimana cara membuat blog, hehehe (padahal masih newbie, sudah sok ngajarin wkwkwk). Untuk para master, seperti biasa, kalian jual minyak aja dulu, hehehehe.


Kita manfaatkan yang gratis saja ya kawan, dalam hal ini blogspot.com. Tapi sebelumnya, saya sarankan kalian untuk membaca artikel sebelumnya tentang optimasi blog. Perlu diketahui PraCre Lovers, mau gratis ataupun mau berbayar, jikalau tampilan dan isinya tidak menarik, eaaa percuma saja, karena apa? Pertama, yang pertama dilihat pastilah tampilan blog/web kita, misalkan gak menarik atau berantakan tata letaknya, bisa-bisa langsung kabur pengunjung-pengunjungnya, (wkwkwkw kayak punya lu bagus aja min). Kedua mengenai apa yang diposkan, atau isi dari blog/web kita. Apakah menarik tuk dibaca atau gak? (hehehe, semoga saja isi blog ini menarik).


Langsung saja PraCre Lovers, simak dan perhatikan ya, jangan lupa lebih baik langsung dipraktekkan, dengan membuka tab baru dan sambil melihat tutor ini.
1. Syarat wajib yang harus dipenuhi seorang blogger yakni ; wajib punya gmail (untuk blogspot.com), tekun, optimis, sudah ada gambaran, nanti kalau sudah ada blog mau diisiin apa, dan yang wajib lagi punya koneksi inet, hehehe

2. Buka www.blogger.com, dan masukkan email kalian di kolom yang sudah ada, lalu klik masuk/login


3. Setelah masuk ke halaman konfirmasi, klik lanjutkan ke blogger


4. Kalian akan masuk ke dasbor blogger, dan klik buat blog



5. Isikan judul blog kalian, kalau admin disini judulnya "Tongkrongan Anak Praya", kemudian isi nama/alamat blog kalian, dan pilih template yang menarik menurut kalian. Ingat, alamat blog harus benar-benar baru atinya, alamat tersebut masih tersedia di blogger. Klik buat blog.


6. Maka kalian akan kembali lagi ke dasbor/home. Untuk memulai ngeblog, klik judul blog kalian. Dan usahakan bahasa yang kalian gunakan Bahasa Indonesia. Untuk mengubahnya, klik bahasanya (lihat gambar)



7. Kalian akan dibawa ke panel admin, disini merupakan ruang kontrol bagi admin, ket warna ; kuning = semacam tools yang berperan penuh dalam proses ngeblog, hitam = ikhtisar/statistik penayangan blog kita, merah = kolom pemberitahuan. Usahakan setiap kali PraCre Lovers mengedit atau mengolah blog, pastikan kalian juga membuka di tab baru pada kata "lihat blog". Tujuannya, setelah kita mengedit atau mengentri pos, kita dapat melihat perubahannya pada tab baru tadi dengan cara mereload lagi halamannya.


8. Untuk memulai menulis, klik entri baru. Nanti akan terlihat lembar pengetikan untuk tulisan kita.


ket : 1 = tulis judul postingan, 2 = ketik isi postingan, 3 = isikan label (kategori postingan), 4 = klik selesai, 5 = publikasikan.

9. Setelah kalian klik publikasikan, maka akan muncul jendela bahwa kita disuruh untuk membagikannya di akun gugel plus, klik cancel aja.

10. Lihat hasilnya dengan cara muat ulang (reload) halaman yang sebelumnya kita buka pada tab baru tadi (lihat perintah langkah 7).

Sepertinya cukup jelas penjelasan saya, tapi jika memang ada yang masih mengganjal, silahkan komen...!!!
Sekian penjelasan saya tentang bagaimana cara membuat blog, insyaallah di lain kesempatan nanti, kita akan membahas lebih jauh lagi tentang bagaimana cara mengatur tata letak, desain viewnya, kode-kode script HTML, serta masih banyak lagi. Cukup sekian untuk saat ini, semoga membantu.


Tinggalkan Jejak Kalian,,,!!!
Wassalamu'alaikum Wr Wb

Related Posts:

0 Response to "Cara Membuat Blog"

Post a Comment