Cara Share Koneksi SSH Menjadi WIFI

Assalamu'alaikum Wr Wb

Salam sejahtera kawan, semoga kita semua selalu dalam lindunganNya, amin.
Pada kesempatan kali ini, Saya akan membagikan ilmu yang sudah Saya dapat di dunia yang sangat maya ini, hehehe. Bahasan kali ini berkaitan dengan koneksi internet gratis yang dapat mengurangi biaya pengeluaran kita. Tentunya bagi kawan-kawan mahasiswa dan pelajar, ilmu-ilmu gratisan sangat diperlukan, hehehe karena Saya juga pernah merasakan apa yang sudah teman-teman rasakan selaku pelajar. Apalagi kita lagi merantau di daerah orang lain nan jauh sana, jadinya segala bentuk pengeluaran dan pemasukan harus diketahui serinci-rincinya demi menunjang hematnya hidup, hehehe.

Oke, sesuai judul diatas, Saya akan memberikan tutorial tentang bagaimana Cara Share Koneksi SSH Menjadi WIFI, supaya perangkat lain yang bisa menangkap sinyal wifi bisa merasakan unlimitednya internetan via SSH, hehehe.

Pertama-tama donlot alat tempurnya DISINI.
Ekstrak file kompresan tersebut sehingga nanti akan muncul aplikasi Tun2socks GUI beserta Connectivity Pro dan instal connectivitynya, untuk membuat dia menjadi pro, baca notepadnya, tun2socks bersifat portable, gak perlu diinstal. INGAT, CONNECTIVITYNYA JANGAN PERNAH DIUPDATE, PILIH IGNORE KALAU MUNCUL.

Fungsi dari kedua aplikasi tersebut ialah :
Tun2socks GUI bertugas untuk mengconvert atau mengubah sinyal SSH menjadi sinyal TAP Adapter sejenis sinyal LAN. Aplikasi ini juga bisa menggantikan peran dari proxifier.
Sedangkan Connectivitynya berperan dalam membagikan sinyal TAP Adapter tadi menjadi sinyal WIFI.
Oke, kira-kira seperti itulah cara kerjanya nanti.

Baik langsung saja.
Pertama yang harus wajib dilakukan ialah, menginstal Tap Adapternya, caranya buka aplikasi tun2socksnya, dan langsung klik star, disini jika tap adapter belum terinstal, maka akan muncul pemberitahuan untuk menginstal adapter tersebut, maka kalian pilih yes instal. Oke setelah terinstal, kalian stop lagi tun2socksnya.

Kedua, koneksi modem kalian harus memakai DNS Gugel, cara memasukkan DNS, klik kanan pada dialup yang kalian pakai, pilih properties, pilih networks, pilih ipv4, lalu properties, dan centang use following DNS, masukkan kolom yang paling atas angka 8.8.8.8 dan kolom kedua 8.8.4.4. Lalu OK kan.

Ketiga, disini kita tidak menggunakan proxifier, ingat, TIDAK MENGAKTIFKAN PROXIFIER.

Setelah ketiga langkah wajib diatas telah dilakukan, lanjut ke langkah-langkah berikutnya.

1. Konekkan akun SSH kalian seperti  biasa. Modem (gunakan dial up yang memakai DNS gugel tadi) ==> Injek==>Akun SSH (Bitvish)
2. Setelah succeded, buka aplikasi tun2socksnya, dan langsung klik star. Lihat gambar, kalau bisa disamakan ya settingannya, o ya, jika baru pertama kali Tap Adapter diinstal, maka pada kolom Tap Adapternya akan tertulis LAN 1 / LAN saja. Disini berhubung Tap adapter punya Saya lebih dari 1 dan yang dienablekan LAN 2, maka akan terbaca LAN 2.


3. Tunggu sampai ip publicnya ditemukan, jika akun SSH sama tun2socks telah tersambung dan ip publicnya sudah ditemukan, maka penampakannya akan seperti gambar dibawah.



4. Sampai disini, internetan sudah bisa dilakukan, tanpa menggunakan proxifier lagi, kita sudah bisa browsing dan download. Coba aja, hehehe.

5. Jalankan connectivity hotspotnya. Setelah muncul pada pojok kanan lalu kita setting lagi, hotspot namenya terserah maunya kalian, dan untuk paswordnya, nanti ada ketentuannya setelah kalian mulai mengetik, wajib ada angka dan huruf, jumlah karakternya ada nanti kalian dikasih tahu. Lalu pada internet to sharenya pilih TAP ADAPTER V9(pokoknya ada kata2 tap adapter, silahkan dipilih), share overnya pilih WIFI (WAJIB bukan SUNNAH), dan settingan dibawahnya akan berubah sesuai dengan yang kalian pilih tadi, kemudian klik star hotspot. Lihat gambar.




6. Setelah itu, buka perangkat lainnya (HP/laptop) untuk mencoba koneksikannya, tunggu sampai terbaca di perangkat clientsnya, lalu konekkan.

Oke sampai disini Saya harap kawan-kawan mengerti dan tutornya work, amin.

Catatan : jika akun ssh kalian diskonek sendiri, maka wajib stopkan tun2socksnya terlebih dahulu, supaya akun ssh nya bisa login lagi, dan lakukan langkah-langkahnya secara berurutan, dan perlu diingat lagi, koneksi kalian akan terbagi sesuai jumlah clients yang terkoneksi, maka jangan heran kalau koneksi induknya menjadi lelet, hehehe.

sekian dari Saya, semoga membantu. Jangan lupa biasakan hidup untuk tinggalkan "Jejak".

Wassalamu'alaikum Wr Wb

Related Posts:

0 Response to "Cara Share Koneksi SSH Menjadi WIFI"

Post a Comment